We Sudah!, Revolusi dari Resolusi yang Dulu Terkendala Susah, Kini dengan Ralali Mewujudkannya Semakin Mudah


Mewujudkan Mimpi Membuka Usaha Tahun 2019.

Dulu, begitu naik ke kelas 3 SMA, yang mulai merasuki pikiran saya bukan hanya bagaimana menghadapi ujian nasional dengan baik. Tetapi juga soal tempat kuliah, jurusan (meliputi rencana A dan B), dan usaha apa yang akan dibuka jika salah satu atau kedua rencana tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Ya, niat untuk buka usaha memang sudah ada semenjak umur saya 18 tahun.

Hingga akhirnya, 1 tahun pendidikan di kelas 3 SMA menemui ujungnya pada bulan Juli 2014. Dari beberapa kali tes untuk beberapa kampus favorit provinsi, ternyata tidak ada satupun pengumuman yang menyatakan saya diterima. Itu berarti, saya harus menjalankan rencana B segera. Rencana B adalah kuliah di kabupaten dengan membuka usaha untuk meringankan biaya kuliah dari orang tua.

Adapun usaha atau bisnis yang ingin saya bangun pada waktu itu adalah Acake (anniversary cake) dan C++ (community cupcake). Sebuah usaha yang menawarkan jasa untuk pembuatan dan pemesanan kue ulang tahun anniversary dan cupcake dengan toping berbentuk logo sebuah komunitas atau organisasi.

Pada hakikatnya, menjalankan sebuah rencana bukanlah semudah menyusunnya. Ada beberapa kendala yang membuat saya ragu-ragu dan tidak jadi membuka usaha bakery ini. Mulai dari saya yang studi oriented, semangat dan motivasi yang hilang timbul, serta susahnya mendapatkan rekan kerja atau supplier yang menyediakan kebutuhan untuk membuka usaha Acake dan C++ tersebut.

Yang lalu boleh dibiarkan berlalu, dengan catatan tetap dievaluasi untuk menentukan semangat dan langkah yang baru. Berhubung sekarang sudah semester akhir dan tidak ada lagi mata kuliah yang mengisi hari-hari, saya mulai mengumpulkan kembali niat dan semangat yang dulu harus tertunda. Dari hasil evaluasi, rencana bisnis yang akan dibuka bukan lagi Acake dan C++, melainkan We Sudah!, Usaha yang menjual sekaligus menerima jasa untuk pembuatan “graduation gift” atau hadiah untuk wisuda.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, saya menyadari bahwa event yang paling dekat dengan saya adalah wisuda. Disisi lain, permintaan akan souvenir dan hadiah wisuda meningkat dan selalu dicari setiap semester, setiap tahun. Momen ini merupakan kesempatan emas bagi saya untuk menumbuhkan dan mewujudkan kembali jiwa bisnis saya. Karena saya tahu, saya sadar, #IniSaatNya.


Rencana dan Strategi Usaha We Sudah!.

Adapun strategi atau rencana yang saya persiapkan untuk mewujudkan bisnis We Sudah!, seperti yang saya jabarkan berikut ini.

Secara umum, rencana bisnis We Sudah! yang akan diwujudkan ini tidak jauh berbeda dengan rencana bisnis pada umumnya. Seperti gagasan atau ide yang menarik, brand identity atau logo, pemasaran, pengemasan, dan lain sebagainya. Namun, saya membaginya kepada 2 model rencana, yaitu rencana umum dan rencana khusus.

Rencana umum
1. Ide
Ide ini muncul ketika tahun 2017, waktu itu saya membuat kado atau hadiah wisuda untuk beberapa senior yang akrab dengan saya. Ya, sebagai seorang yang senang dengan handicraft, saya selalu memberikan siapapun kado dari hasil tangan saya sendiri. Setelah mendapatkan reaksi yang baik dan saran buka usaha dari mereka, kemudian berpikir bahwa peluang ini memang besar dan ada setiap tahun, saya sadar ada baiknya kalau saran tersebut  saya wujudkan. Setelah berpikir dan menggodoknya beberapa waktu, akhirnya saya mendapatkan nama We Sudah! sebagai sebuah bisnis yang melayani pemesanan untuk hadiah wisuda. Nama ini terinspirasi dari kata wisuda sendiri, diambil dari suku kata wi dan suda. Lalu diplesetkan ke bahasa Inggris menjadi We Sudah! yang berarti “kita selesai”.

2. Merk/logo (branding)
Selain pemilihan nama yang nyentrik, mudah diingat, dan dekat dengan kalangan mahasiswa, hal lain yang harus saya buat dengan tujuan yang sama adalah logo atau brand identity. Logo atau brand yang baik pasti akan menarik pelanggan, apalagi jika logo memiliki kaitan dengan sasaran atau target sebuah usaha. Setelah beberapa kali corat-coret, jadilah logo dari We Sudah! seperti ini.




3. Store
Dulu, jika seseorang ingin membuka usaha, maka yang menjadi pertimbangan adalah keberadaan toko, kios, atau lapaknya. Namun, di era digital ini tidak perlu lagi memiliki toko fisik kalau ingin mendirikan bisnis. Untuk tahap awal, We Sudah! akan memulai dengan membuat toko online melalui media sosial, seperti Instagram.

4. 4 P (Price, Product, Promotion, and Package)

a. Price
Karena sasaran utamanya adalah mahasiswa, maka harga yang ditawarkan We Sudah! beragam dan yang pasti bersahabat. Mulai dari yang termurah Rp. 50.000 hingga Rp. 200.000, kecuali ada permintaan khusus. Harga akan bergantung pada jenis, ukuran, bahan, dan tingkat kerumitan prosesnya.

b. Product
Karena melayani pelanggan khusus untuk pemberian hadiah wisuda, maka produk dan jasa yang akan ditawarkan tidak jauh dari buket bunga, lukisan, cutting paper, ilustrasi. Namun secara khusus, We Sudah! juga menawarkan lampion dari paralon dengan nuansa wisuda atau cerita perjalanan selama kuliah.

c. Promotion
Promosi yang akan dilakukan untuk memperluas jangkauan pelanggan We Sudah! adalah dengan cara mendatangi/membuat booth pada event wisuda dan kegiatan mahasiswa lainnya. Selain itu, promosi juga akan dilakukan melalui media sosial (include endorsment) seperti, Instagram, Twitter, Facebook, Gmail, dan lainnya.

d. Package
Agar lebih surprise dan terkesan mengejutkan, We Sudah! akan menawarkan kepada pelanggan apakah pemberian ingin dikemas atau dibiarkan terbuka. Jika ingin dikemas dan mendapatkan reaksi senang dari wisudawan dan wisudawati, maka We Sudah! menyediakan layanan pengemasan yang unik, menarik, dan tematik.

Keempat rencana dan strategi diatas adalah rencana bisnis yang umum, untuk rencana khusus We Sudah! juga turut dipersiapkan sejak awal, meski pada pengerjaan ada yang baru dikerjakan setelah bisnis ini terwujud dan berjalan. Adapun rencana khusus tersebut adalah sebagai berikut.

Rencana Khusus
1. Merekrut SDM
Sebagai antisipasi kewalahan dan kesusahan jika banyak pesanan, saya tentu membutuhkan teman kerja agar lebih mudah dan pengerjaan sesuai waktu pemesanan. Rencananya rekan yang akan saya rekrut juga dari rekan-rekan mahasiswa yang memiliki minat dan bakat yang sama. Untuk keperluan pemasaran, toko online, dan keuangan juga dibutuhkan mahasiswa dari latar belakang IT, ekonomi, dan ilmu komunikasi.

Dengan memilih rekan sesama mahasiswa atau fresh graduate, tentu akan lebih mudah untuk mengkoordinasi, diskusi, dan evaluasi. Namun, tujuan untuk mencari atau merekrut SDM ini tidak semata-mata untuk pekerja, tetapi juga sebagai pengingat, penyemangat dikala menyerah, dan motivator ketika semangat kendor. Karena jelas, dibandingkan sendiri, memiliki team yang solid akan mengantarkan We Sudah! kepada berbagai kemudahan.

2. Evaluasi berkala
Walaupun pengerjaan rencana ini setelah bisnis We Sudah! berjalan, namun perencanaan seperti evaluasi penting untuk dipikirkan atau dipersiapkan, supaya tidak keteteran dan tidak mendapatkan berbagai kesalahan. Evaluasi akan dilakukan secara berkala, baik untuk skala pendek, menengah, maupun panjang.

3. Pengembangan Bisnis
Pada proses perencanaan dan mewujudkannya, We Sudah! adalah bisnis yang melayani barang dan jasa pemberian atau kado untuk wisuda. Namun, kedepannya bukan tidak mungkin untuk We Sudah! berkembang dan melebarkan kepak sayapnya ke berbagai arah. Tidak hanya melayani pemberian wisuda, tidak hanya mahasiswa, dan tidak hanya dengan produk yang monoton. Pun begitu, dan pelaksanaan rencana tahap ini diwujudkan ketika We Sudah! telah memiliki pengelolaan dan manajemen yang baik. Sehingga, jika akan dilakukan perluasan dan pengembangan usaha akan lebih mudah.

4. Mencari Rekan/Partner Kerja (supplier)
Dalam mewujudkan bisnis We Sudah! tidak hanya cukup pada perencanaan dan action saja. Aksi tanpa perlengkapan dan fasilitas sama dengan bohong. Makanya, dalam pengadaannya, We Sudah! membutuhkan beberapa peralatan dan perlengkapan agar semua pekerjaan bisa dimulai. Dari urgensinya item ini, menjadikan partner kerja sebagai rencana khusus yang harus saya prioritaskan. Memiliki rekan kerja, misalnya supplier yang juga businessman, tentu akan mendatangkan banyak kemudahan, keuntungan, dan timbal balik yang baik.



Kemudahan Mewujudkan Bisnis di Era Digital.

Memiliki rekan kerja yang tepat memang penting, apalagi jika partner kerja tersebut mampu menyuplai semua kebutuhan bahan dan alat untuk bisnis. Hal ini tentu akan berkesinambungan dan kerja sama akan selalu terjaga dari waktu ke waktu. Dengan memiliki rekan kerja, juga akan memberikan beberapa kelebihan. Seperti kita selalu diprioritaskan, stock selalu ada, harga lebih murah, dan pastinya rasa saling percaya dan tolong menolong dalam perniagaan.

Seperti yang saya sampaikan diawal, susahnya mendapatkan rekan kerja atau supplier yang menyediakan semua kebutuhan, membuat saya menunda terlebih dahulu bisnis sebelumnya. Karena pada zaman tersebut belum terlalu banyak marketplace yang dikenal menyeluruh. Namun, alasan tersebut tidak lagi laku pada era digital ini.

Untuk menemukan partner kerja atau supplier yang bisa memenuhi kebutuhan dari awal dan ketika perjalanan bisnis pada era digital ini bukanlah suatu hal yang sulit. Alhamdulillah, untuk persiapan dan pengadaan peralatan bisnis We Sudah! sangat mudah didapatkan, seperti di Ralali.com.

Apa itu Ralali.com?

Mungkin sebagian dari kita semua sudah mengetahui Ralali.com, ini tak lepas dari sepak terjang dan pelayanan Ralali.com yang baik.  Ralali.com adalah Platform belanja online kebutuhan bisnis pertama di Indonesia yang menghubungkan jutaan vendor dengan UMKM atau pebisnis, agar dapat memulai, mewujudkan, dan mengembangkan bisnisnya. Istilah lainnya adalah B2B atau Business to Business.

Ralali.com, Tempat tepat untuk Berbelanja Kebutuhan Usaha.


Berikut adalah 5 alasan mengapa Ralali.com merupakan tempat yang tepat bagi pebisnis untuk berbelanja kebutuhan bisnisnya.

" B2B "
B2B atau Business to Business adalah transaksi jual beli antara pemilik bisnis satu dengan pebisnis lainnya, atau pengusaha dengan pelaku UMKM. Sebagai contoh, saya yang akan mendirikan bisnis We Sudah! membutuhkan berbagai peralatan, nah karena saya baru memulai bisnis dan membutuhkan dalam jumlah banyak atau grosir, maka saya harus membelinya pada pebisnis lain yang khusus menjual kebutuhan saya. Jadi, dengan B2B ini saya lebih mudah membeli berbagai keperluan secara keroyokan untuk satu kebutuhan di satu pebisnis saja, di satu tempat saja, Ralali.com

" Praktis dan Mudah "

Jika kesibukan mempersiapkan toko dan strategi anda sudah cukup menyita waktu dan pikiran, dengan hadirnya Ralali.com bisa membantu anda lebih praktis dan mudah dalam pemesanan peralatan dan kebutuhan bisnis anda. Cukup pilih belanjaan pada penyuplai yang sesuai, kemudian tunggu barang sampai ke toko sementara anda mempersiapkan tokonya.

" Aman dan Terpercaya "

Dengan adanya lebih dari 10.000 loyal customer sudah cukup menjelaskan bahwa Ralali.com memang tempat yang terpercaya bagi pelaku usaha untuk berbelanja kebutuhan. Transaksi yang terjadi antara pebisnis dan pebisnis yang berpengalaman, juga merupakan indikasi bahwa Ralali.com adalah marketplace yang aman.

" Efisien dan Transparan "

Memulai bisnis, akan membutuhkan berbagai peralatan dan barang yang pengadaannya kadang harus bersamaan. Nah, dengan adanya 12 kategori kebutuhan di Ralali.com merupakan langkah efisien untuk membeli banyak barang hanya dalam satu waktu, dan satu tempat. Tinggal mencari supplier yang menjual kebutuhan bisnis anda.

" C.A.R.E "

Belajar dari banyak dari kesalahan dan pengalaman, berbekal perencanaan dan persiapan yang matang, serta adanya berbagai kemudahan yang ditawarkan Ralali.com sebagai marketplace B2B khusus pelaku usaha untuk berbelanja kebutuhan usaha di era digital ini, bukan tidak mungkin kalau rencana atau resolusi bisnis 2019, “We Sudah!” dapat segera saya realisasikan. Karena #BisnisItuGampang, dan #IniSaatNya tau Ralali.com, #IniSaatNya mewujudkan #ResolusiBisnis2019, juga karena #BusinessStartHere, #BusinessStartNow.

#IniSaatNya
#BisnisItuGampang
#ResolusiBisnis2019




Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Awesome, konsepnya mantap...
    Awalnya gue bingung apa ni orang salah nulis, taunya diluar dugaan gue.
    Beneran deh ini diluar batas manusia pada umumnya, hehe

    dari WISUDA jadi WE SUDAH. Mantab bro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha
      nggaklah Mas Adhi, biasa ajha

      yang paling daku ingin selain resolusi ini terwujud adalah, daku ingin segera wisuda
      semoga terkejar. aamiin

      Hapus
  2. Keren banget usia 18 tahun sudah kepikiran usaha. Aku gara2 bosen dengan jam kerja dan jadi emak2 baru kepikiran usaha hehe... Emang era digital jadi gampang apalagi ada ralali.com yang sangat membantu pemula. Sukses ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, begitulah Mbak
      sering nonton berita
      jadinya terinspirasi gitu

      iya, semoga kemudahan dengan adanya Ralali.com bisa membantu siapa saja yang mau memulai bisnisnya

      Hapus