Potensi dan Niat yang Baik, Tak-tik yang Strategik, Tronjal-Tronjol Kolaborasi Timbal Balik, adalah Kunci Sukses Meniti Karir yang Maha Asyik


Tentang jalan dan cerita karir, setiap orang memiliki kenangan dan kisahnya sendiri-sendiri. Ada yang gigih dan letih bak meniti buih hingga menggapai kesuksesan karirnya, ada yang dari awal hingga sukses aman-aman saja tanpa ada halangan dan perjuangan yang sulit, bahkan ada yang beruntung tanpa perlu bersusah payah untuk menggapai kesuksesan karir impiannya.

Dibalik semua kesusksesan karir yang telah tercapai, pasti selalu ada ketekunan, kesungguhan, dan berbagai proses yang dialami sehingga mengantarkan pada titik kesuksesan. Dengan atau tanpa menceritakannya kepada orang lain sebagai cerita yang inspiratif, setiap orang yang telah sukses memiliki kuncinya sendiri untuk membuka pintu tersebut. Bisa dengan menyusun taktik yang strategik, kiat-kiat atau tips dan trik, hingga kerja keras dan tak kenal putus asa.

Berbeda pasti, setiap orang memiliki caranya sendiri, pandangannya sendiri, dan pikiran-pikiran kreatif yang solutifnya sendiri. Pun begitu, semua perjalanan pahit, manis, bahagia, hingga penuh tangis adalah suatu hal yang membuat diri menjadi lebih bijak, tekun, untuk mengantarkan diri pada kesuksesan sejati.

Saya adalah salah seorang yang yakin bahwa kesuksesan yang diimpikan bisa diraih dengan tekun menjalankannya, dibarengi dengan kiat-kiat yang tepat sebagai kuncinya. Terlepas dari semua halangan yang ada, faktor keberuntungan, atau kesempatan yang tiba-tiba ada, berikut ini adalah beberapa kiat menurut saya yang bisa dijadikan sebagai kunci sukses untuk meniti karir.

1. Kenal dengan memahami diri sendiri
Hal yang paling pertama dilakukan adalah mengenal dan memahami diri sendiri. Anda mungkin adalah seorang yang ambis, memiliki deretan impian, dan begitu yakin bahwa semuanya bisa anda dapatkan karena memiliki keinginan yang kuat. Tapi yang perlu disadari adalah tidak semuanya bisa anda capai, tidak semuanya bisa anda kerjakan, jika hanya berbekal keinginan. Karena nafsu memang merajai manusia.

Akan lebih baik jika anda mengenal diri terlebih dahulu, mengetahui minat, bakat, kemampuan, kelemahan, dan kekuatan yang anda miliki. Dengan mengenal diri sendiri berarti Anda bisa memahami atau menyelaraskan keinginan dengan kemampuan anda. Sehingga tidak ada lagi impian yang putus ditengah jalan karena tidak sepadan antara keinginan dan kemampuan.

2. Niat dan Kesungguhan Hati
Setelah mengenal diri dan keperluan anda, tinggal sekarang memulainya dengan membuat sebuah niat yang sungguh-sungguh dari hati anda. Niat adalah langkah awal, sementara kesungguhan hati akan membuat anda lebih yakin dan tidak mudah menyerah dalam pengerjaannya.

3. Perencanaan
Apapun kegiatannya, baik untuk skala harian, mingguan, bulanan, tahunan, pendek, menengah, hingga panjang, ada baiknya dijalankan dengan perencanaan yang sudah terstruktur sebelumnya. Mengenyampingkan semua kegagalan dan hambatan yang pasti akan terjadi, dengan menyusun sebuah perencanaan yang kompleks tentu akan meminimalisir tenaga dan waktu yang terbuang sia-sia.

4. Analisis
Setelah lembaran perencanaan anda selesai, langkah selanjutnya adalah membaca kembali setiap perencanaan tersebut untuk kemudian menganalisisnya terhadap semua kemungkinan yang akan terjadi. Ya, kita selalu menyadari dan mengakui bahwa “manusia boleh berencana, tapi Tuhan yang menentukan”. Makanya, poin penting dipersiapkan.

Analisis dibuat agar jika ada potensi tersebut pada saat pelaksanaannya, maka anda bisa menjadikannya sebagai peluang menemukan solusi ringkas menuju ke tahap berikutnya. Sementara untuk kemungkinan gagal atau hambatan yang ada, dengan memprediksinya sejak awal, anda akan lebih mudah, tidak bingung, dan salah ambil kepulauan karena pikiran yang terganggu.

Analisis bisa dilakukan dengan mengkaji semua kemungkinan potensi yang membantu dan hambatan yang menggangu pada tiap-tiap butir rencana yang telah ada.

5. Taktik yang Strategik
Sudah mengenal diri, niat dan tekad juga sudah, perencanaan sudah matang, dan analisis juga telah dikaji. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah menyusun taktik atau strategi, lebih baik lagi jika anda mampu memproyeksikan taktik yang strategik. Taktik yang perlu disusun mencakup dari awal perencanaan, kemungkinan yang terjadi, baik itu jika mendapatkan peluang maupun hal yang bersifat penghalang. Tentu, memiliki taktik yang baik merupakan kunci anda untuk mencapai karir yang sukses.

6. Aksi Nyata
Ini adalah poin pamungkasnya, sejauh manapun anda mengenal diri, sebulat apapun niat dan tekad, jika rencana anda hanya sebatas pada kertas, dan kajian analisis anda hanya berbatas teoritis tanpa ada aksi nyata yang benar-benar anda lakukan. Sama saja, anda mengetahui kunci anda itu ada, tapi anda tidak menggunakannya untuk membuka pintu.
Saya pernah mendengar, “jika anda membuat sebuah mimpi atau cita-cita, maka anda sudah 50% berjalan untuk menggapainya”. Jika memang demikian, maka benar bahwa 50% anda sekarang adalah usaha atau aksi nyata.

Untuk menggenapkannya menjadi 100 %, tentu ada perlu menggabungkan semua kesiapan dan perencanaan yang telah disusun dengan aksinya. Mulailah sedini mungkin, kerjakan se-awal mungkin, karena makin lama anda berjuang, makin banyak pengalaman, makin banyak pengalaman, akan mengantarkan anda pada pada kesuksesan karir yang anda impikan. Bukankan anda sudah mengetahui bahwa anda memiliki kuncinya?

Namun, ketika dalam tahap memperjuangkan atau meniti karir anda, ada beberapa hal yang perlu dan penting untuk dilakukan. Bahkan ini bisa jadi alternatif untuk anda semakin dekat dengan kesuksesan karir impian anda.

a. Optimis
Tidak jarang, ada banyak orang yang hilang arah, gairah, semangat, kemudian menyerah, mundur, bahkan hingga putus asa dan memilih untuk berhenti setengahah jalan. Padahal sudah banyak waktu, tenaga, dan biaya yang dikorbankan. Makanya, selain dengan menyiapkan perencanaan sebaik mungkin, anda juga perlu bersikap optimis, yakin, serta berpikiran terbuka pada semua kemungkinan yang terjadi atas karir impian anda.
Bersikap optimis, secara tidak langsung akan memberikan sugesti positif pada otak anda. Jika dilakukan secara berkala dan berkelanjutan sifat optimis akan tertanam dalam diri karena sudah diperintah dari pikiran alam bawah sadar. Sementara pesimis hanya akan membuat anda fokus pada semua kegagalan dan ancaman yang akan terjadi.

b. Manfaatkan Setiap Kesempatan yang Ada
Meskipun ketika dalam proses pengerjaan atau perjalanan menuju karir anda sudah memiliki rencana dan persiapan yang mantap, jangan pernah terpaku pada satu cara, merasa nyaman, atau tidak memanfaatkannya kesempatan yang tiba tiba-tiba ada untuk anda.

Dengan memanfaatkan kesempatan yang lebih dekat dari yang diprediksikan, tentu ini merupakan pintu pertama yang  bisa  anda buka dengan kunci untuk sampai lebih cepat ke pintu kesusksesan karir impian. Bijaklah dalam memilah dan memilih atas apa yang akan anda lakukan, nikmati dan belajarlah dari semua proses yang anda, karena orang-orang sukses adalah orang yang suka proses.

c. Membuka dan Terbuka
Poin ini baik dilakukan dalam meniti karir, anda harus membuka pikiran bahwa ada peluang, cara, halangan, dan pertolongan dari berbagai pihak, bukan hanya dari kesiapan dan apa yang anda rencanakan saja.

Selain itu anda juga menumbuhkan sikap keterbukaan untuk semua reaksi, kecelakaan, dan penolakan dari luar diri anda. Misalnya, ajakan untuk kerjasama atau kritik dan penolakan karena ketidaksesuaian.

d. Kerjasama atau Kolaborasi
Sadarilah bahwa memang tidak ada manusia yang bisa hidup sendirian. Sehebat apapun anda mempersiapkan diri, menulis rencana dengan teliti, dan berjuang sekuat tenaga, itu tidak lepas atau izin dan kuasa Tuhan. Bahkan sedikit banyaknya ada sumbangsih dari hubungan sesama manusia.

Kerjasama bisa membantu anda untuk lebih ringkas, lebih dekat, dan lebih mudah untuk meniti karir anda. Anda bisa belajar hal-hal baru, langkah dan pilihan yang lebih bijak, dari rekan kerja sama anda. Terlebih jika rekan kerjasama anda memiliki sepak terjang, pengalaman, dan citra yang baik.

e. Kerja Cerdas
Kerja keras adalah kunci mutlak untuk sukses meniti karir. Namun, jauh lebih baik jika dibarengi dengan pola kerja cerdas. Kerja cerdas bisa dilakukan dengan melakukan pilihan yang tepat, memprioritaskan yang lebih penting, atau bisa juga dengan memilih rekan kerja sama yang baik.

Nah, untuk langkah aksi nyata ini, tepatnya pada poin membuka dan keterbukaan, kerjasama dan kolaborasi, serta kerja cerdas, ketiga langkah tersebut bisa dijadikan satu kunci sukses untuk meniti karir anda.

Jika anda adalah orang yang ingin mendirikan perusahaan, ingin menciptakan lapangan pekerjaan, yang juga telah memiliki kesiapan diri, niat dan tekad, yang mantap, memiliki catatan perencanaan yang akurat, namun masih bingung untuk memulai dan mencari kemudahan atas fasilitas dan afiliasi perusahaan anda. Saya akan membantu anda dengan menginformasikan bahwa ada rekan yang bisa anda ajak bekerja sama. Rekan kerja yang tidak hanya memberikan sebuah kunci dari kantor yang anda dapatkan, tetapi juga rekan yang akan memberikan anda sebuah kunci sukses untuk meniti karir anda.

Adalah Office99, smart office penyedia layanan sewa kantor / office rental dan kantor virtual di Indonesia yang telah melayani klien dari berbagai jenis bidang usaha sejak tahun 2016. Office99 berkomitmen penuh untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dan profesional kepada seluruh kliennya. Office99 menawarkan harga yang murah dan bervariasi, sehingga klien lebih mudah fokus untuk mengelola bisnisnya. Selain harga, pilihan pelayanan yang ditawarkan Office99 juga beragam, seperti virtual office, serviced office, pembuatan PT dan CV, pengurusan PKP, dan beritanya akan segera hadir layanan jasa konsultan pajak.

Mengapa Office99?

Mungkin anda akan bertanya, mengapa saya merekomendasikan Office99 sebagai rekan kerja sekaligus kunci sukses anda untuk meniti karir? Sebagai smart and virtual office, Office99 menawarkan berbagai kemudahan untuk bisnis anda, cocok bagi anda yang baru memulai, mengembangkan, dan yang mau memperluas bisnisnya. Diantara berbagai layanan tersebut adalah, virtual office, serviced office, jasa pembuatan CV dan PT, serta pengurusan PKP. Mari kita bahas satu-satu.

Virtual Office

Virtual Office adalah layanan yang ditawarkan Office99 sebagai smart and virtual office kepada para pengusaha yang memiliki kebutuhan atas fleksibilitas dan fasilitas pendukung bisnis lainnya yang sulit didapatkan pada layanan sewa kantor yang konvensional.

Virtual Office menawarkan layanan sesuai kebutuhan seperti ruang kantor, ruang meeting, nomor telepon kantor dan layanan resepsionis. Melalui Virtual Office, Anda akan tetap memiliki kantor yang baik dan nyaman, Anda akan memiliki alamat domisili kantor yang sah, layanan receptionis profesional, nomor telepon kantor, dan Anda memiliki ruang meeting yang siap untuk digunakan. Pilihan ini sangat cocok dan direkomendasikan bagi anda seorang pemula namun masih bingung dengan alamat dan gedung fisik bisnis.




Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi virtual office silahkan klik disini, sementara untuk informasi harga silahkan klik disini.

Serviced Office

Serviced office adalah layanan ruang kantor yang disediakan Office99 dan sudah siap pakai. Dilengkapi dengan furniture berkualitas, fasilitas kantor yang lengkap dan suasana kerja yang nyaman.

Layanan serviced offline cocok bagi anda yang sudah pernah atau belum merasakan layanan virtual office, karena anda akan mendapatkan kemudahan dengan memindahkan kantor Anda ke layanan serviced office, Anda akan terbebas dari hal-hal yang membuat pusing seperti renovasi, bayar tagihan internet bulanan, bayar tagihan listrik, dan biaya-biaya bulanan lainnya yang tidak terduga.




Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi servicedl office silahkan klik disini, sementara untuk informasi harga silahkan klik disini.

Layanan lain dari Office99 yang juga akan mempermudah urusan bisnis anda adalah jasa Pembuatan CV dan PT serta Pengurusan PKP. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan CV dan PT, silahkan kesini. Dan jika anda membutuhkan informasi terkait pengurusan PKP silahkan kesini.

Pada intinya, masing-masing dari saya, kita, dan anda memang mengetahui kiat-kiat, strategi, dan tak-tik selalu ada dan berpotensi dalam perjalanan meniti karir anda. Hanya saja mungkin anda tidak memiliki kepercayaan diri yang baik untuk menerima segala kemungkinan resiko yang akan terjadi. Mungkin terlalu terpaku pada proses yang konvensional dan menunggu hasil dari kerja keras dan jerih payah hingga terbayar. Tidak menerima semua peluang dan potensi yang ada karena khawatir perencanaan anda berubah total dan takut dirugikan. Sehingga anda menolak untuk bekerja sama dalam perjalan meniti karir anda, padahal anda sendiri sudah membuat niat dan yakin akan pencapaian anda kedepannya. Disisi lain anda juga menyadari bahwa tidak ada manusia yang bisa berjalan tanpa bergantung kepada yang lain, baik Tuhan, alam, lingkungan, maupun manusia.

Finally, jika dalam perjuangan meniti karir niat dan keyakinan anda sudah mengantarkan anda sejauh 50% ke ambang pintu kesuksesan, 25% dari kiat-kiat, strategi, dan taktik yang anda perjuangkan sendiri, maka anda butuh pertolongan sebesar 25% dari pihak lain. Bisa bekerjasama atau kolaborasi agar untuk mendapatkan 25% energi tambahan tersebut, bisa dengan layanan smart and virtual office dari Office99, misalnya. Sehingga akumulasi dari semua usaha dan perjuagan anda bisa mencapai 100%, lebih dekat dengan pintu kesuksesan dan anda telah memiliki kuncinya, kunci sukses meniti karir.

#office99

Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Betul sekali Mas yang penting Aksi Nyata. Tips yang menarik dan bagus mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, kalau sekadar wacana ajha. sama dengan belum sepenuhnya berjuang
      terimakasih sudah mampir

      Hapus