Selamatkan Bumi dari Plastik, Yuk Buat Angkringan yang Unik dan Menarik dari Marimas Ecobrick


Banyaknya sampah yang ada didunia tidak hanya kemudian mendatangkan banyak masalah dan pencemaran lingkungan yang diakibatkan. Disamping berbagai upaya yang dilakukan untuk membasmi dan memusnahkannya, tidak jarang banyak juga manusia yang berpikir kreatif, inovatif, dan solutif dalam menanggulangi berbagai masalah sampah. Bahkan, saking kreatifnya penanggulangan tersebut dilakukan dengan cara memanfaatkan kembali sampah atau limbah yang tidak berguna menjadi salah satu barang yang reuse, atau dapat dipakai kembali. Salah satu caranya adalah dengan membuat Ecobrick.


Ecobrick bisa dibilang “batu bata” ramah lingkungan yang terbuat dari botol plastik. Ecobrick adalah seni memanfaatkan kembali sampah botol plastik dan sampah anorganik lainnya, seperti kemasan produk yang terbuat dari plastik. Caranya, dengan memasukkan semua plastik anorganik kedalam botol plastik dengan padat sampai penuh. Dengan mengisi penuh, struktur yang didapat lebih kuat dan kokoh. Disisi lain, sampah yang dikurangi juga lebih banyak karena satu botol Ecobrick bisa memuat puluhan bahkan ratusan lembar plastik.


Ecobrick adalah ide dan solusi yang brilian, salah satu perusahaan yang peka, peduli, dan sadar dengan potensi ini adalah PT. Marimas Putera Kencana. Marimas memiliki projek bernama Marimas Ecobrick. Marimas sendiri sudah mulai aktif mensosialisasikan gerakan ini sejak bulan Januari tahun ini. Projek ini masih berjalan hingga sekarang, kegiatan ini dilaksanakan pada minggu terakhir disetiap akhir bulan. Selain itu Marimas melalui Marimas Ecobrick juga punya program Ecobrick Goes To School, program ini ditujukan untuk jenjang sekolah SD sampai SMA. Dapatkan satu buah laptop untuk sekolah setiap penyelesaian 100 modul Marimas Ecobrick. Cara lain dari kampanye positif Marimas Ecobrick adalah dengan menyelenggarakan lomba menulis artikel tentang Marimas Ecobrick di blog. Nah, tertantang dengan lomba ini, saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang ide atau berkreasi dengan Marimas Ecobrick. Judulnya adalah “ Selamatkan Bumi dari Plastik, Yuk Buat Angkringan yang Unik dan Menarik dari Marimas Ecobrick".

FYI, Ecobrick diprakarsai oleh Russell Maier dan Ani Himawati dari Global Ecobrick Alliance (GEA). Pada 14 – 15 Desember 2017 lalu, Russell Maier dan Ani Himawati memberikan Training of Trainer Ecobrick di Kantor PT Marimas Putera Kencana mencetak 44 Trainer bersertifikat GEA.
Salah satu kegiatan rutin yang dijalankan adalah mengadakan PELATIHAN ECOBRICKS 2018 yang diprakarsai Marimas.

Sebagai informasi, saya baru mengetahui lomba ini dari seminggu yang lalu. Saya baru pulang dari Kirab Pemuda Indonesia 2018. Programnya sekitar 3 bulan (73 hari) untuk mengelilingi 17 provinsi di Indonesia, dan baru selesai pada tanggal 20 November lalu. Jadi saya tidak dapat membagi waktu untuk mencari informasi lomba blog. Seandainya saja saya sudah mengetahui informasi ini dari jauh jauh hari, saya akan membuat langsung Marimas Ecobricknya. Tapi karena keterbatasan waktu, jadi saya hanya akan membagikan idenya saja. Semoga bermanfaat.

Perlu digarisbawahi, ide ini hanya untuk modal usaha skala kecil, baru kemudian setelah sukses bisa mengembangkannya ketingkat yang lebih tinggi. Bisa diterapkan di halaman rumah, car free day, maupun di lokasi rest area. Sebagai rekomendasi, yang dijual bisa berupa minuman segar dari Marimas.

Angkringan yang menarik adalah yang Photogenic.

Jaman sekarang banyak sekali tempat nongkrong anak anak muda dan keluarga. Hanya saja kadang desainnya monoton dan sama saja dengan yang lainnya. Angkringan yang seperti itu tentu akan kalah saing dengan angkringan yang memiliki tema, desain keren, dan tempatnya potretable. Berikut adalah gambar atau ilustrasi mengapa angkringan Marimas Ecobrick kamu unik, photogenic, dan layak dilirik.




Tematik, angkringan lebih unik dengan Marimas Ecobrick.

Setiap cafe, restoran, atau tempat nongkrong lainnya biasanya memang memiliki temanya sendiri sendiri. Nah, begitu juga dengan Angkringan Marimas Ecobrick. Marimas memiliki banyak rasa dan varian pada produknya. Banyaknya pilihan rasa, juga berpengaruh pada desain dan warna kemasannya. Ini adalah keberuntungan, varian rasa dan warna pada kemasan Marimas bisa dikreasikan untuk membuat angkringan yang tematik. Berikut adalah ilustrasi dan gambar yang menjelaskan tentang makin tematiknya angkringan dengan Marimas Ecobrick.



Yuk, Lihat Fakta Menarik dari Penggunaan MarimasEcobrick.

1. Selamatkan Bumi dari Sampah Plastik

Satu hal pasti ketika menggunakan Marimas Ecobrick adalah menyelamatkan bumi dari sampah plastik. Kita sama sama mengetahui bahwa plastik sangat sulit diurai, dimana pun, baik di darat maupun di laut. Apalagi kejadian yang baru baru ini menggemparkan dunia. Yakni, Paus Sperma sampai mati terdampar karena memakan sampah plastik yang bertebaran di laut. Nah, dengan menggunakan Marimas Ecobrick berarti kita sudah menyelamatkan berbagai populasi dan ekosistem didunia ini.

2. Bantu Marimas Sebarkan dan Sosialkan Hal yang Baik.

Ya, tentu saja. Marimas dengan kepeduliannya dan keaktifan mensosialisasikan penggunaan Marimas Ecobrick adalah suatu hal dan langkah yang baik. Energi ini seharusnya diterima dan disambut masyarakat dengan energik pula. Jika bergabung dalam sebuah komunitas pecinta lingkungan, alangkah lebih baik dan mudahnya untuk menularkan kebaikan ini kepada masyarakat.

3. Dari Marimas, Oleh Kita, Untuk semua kebaikan

Kita harus berterimakasih kepada Marimas untuk kepedulian dan perhatiannya terhadap lingkungan dengan menciptakan dan memprakarsai Marimas Ecobrick. Kemudian dengan penuh sadar diri untuk berubah mencintai lingkungan, lalu mulai membuat serta mengajak membuat modul Marimas Ecobrick. Agar semua pihak bisa merasakan manfaat dari sebotol sampah, yang juga berasal dari selembar sampah plastik.

4. Angkringan Marimas Ecobrick tidak butuh modal mahal.

Jika memutuskan untuk membuat angkringan Marimas Ecobrick setelah membaca artikel ini, maka tidak dibutuhkan modal mahal untuk merealisasikannya. Cukup dengan kemauan yang kuat dan semangat membuat botol demi botol Marimas Ecobrick.

5. Marimas Ecobrick bikin usaha angkringan makin naik dan baik.

Mengapa? Karena dengan membuka usaha angkringan Marimas Ecobrick, berarti kamu juga akan menghasilkan sampah plastik. Nah, dengan sampah plastik yang dihasilkan sendiri, kamu bahkan dapat memperbesar usaha, membuat cabang, atau menambah beberapa meja dan kursi tanpa harus mengeluarkan banyak duit. Percaya? Harus percaya.


Nah, itu dia menurut saya cara asik untuk menyelamatkan bumi dari sampah plastik. Eyecatching alias pantas dilirik, menarik, photogenic,dan masih banyak keuntungan dan kebaikan yang bisa dilakukan, didapatkan, dan ditularkan denghttps://inhabitat.com/ecobricks-transform-plastic-trash-into-reusable-building-blocks/an Marimas Ecobrick. Sekian, semoga hati terusik untuk terus berbuat baik. Yuk, selamatkan bumi dari kantong plastik, lewat cara yang asik Marimas Ecobrick!.


Previous
Next Post »
0 Komentar