Riaubook.com "Dari Riau untuk Dunia" Bukan Sekedar Slogan, Ini Impian yang Dibuktikan

Media online, zaman sekarang siapa yang tidak mengetahuinya? Siapa juga yang tidak pernah mengaksesnya? Pertanyaan ini mungkin dapat kita dapat kita jawab dengan beragam alasan. Ya, walaupun masih ada yang belum mengenal atau bahkan mengaksesnya, faktanya sekarang media online me-nyemak dan banyak sekali jenisnya. Ada portal atau media online yang memang memiliki media cetak atau elektronik sebelumnya, ada juga yang hanya memiliki media online sebagai bentuk fisik kegiatan transformasinya. Media online adalah generasi ketiga dari media informasi, setelah media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain-lain serta media elektronik seperti televise dan radio. Media online adalah segala jenis atau format media yang diakses lewat internet berisikan teks, foto, video, dan suara. Atau secara khusus media online adalah media yang menyajikan karya jurnalistik berupa berita, artikel, feature secara online.

Bak pisau bermata dua, media online juga memiliki sisi positif dan sisi negative. Untuk sisi positifnya, disamping memiliki kemudahan akses, mulai dari murah bahkan ada banyak yang gratis, live report, menyediakan forum diskusi terkait isu terkini, media online yang dimiliki daerah lokal juga bisa membuat sebuah daerah terkenal dan tersebar luas. Hal ini karena media online tidak seperti sungai yang mengaliri topografi dari tempat tinggi ke tempat rendah, malah jnternet tidak mengenal ruang, waktu, dan tempat. Potensi ini tentu dapat dijadikan boomerang bagi sebuah portal atau media online untuk perusahaan dan daerahnya dengan tetap mempublikasikan berita yang positif, bersumber, dan akurat.

Salah satu media online yang dimaksud seperti diatas adalah Riaubook.com. riaubook.com adalah sebuah portal atau media online yang masih berumur jagung dan berasal dari pekanbaru, Riau. Riaubook menyajikan berita-berita terbaru, terpopuler, dan terhangat di Riau, nasional, regional, dan bahkan internasioanal untuk diberitakan kepada masyarakat lokal, nasional, regional dan internasional. Bukankah kejadian/kabar itu ada untuk diberitakan, dan bukankan berita itu ada untuk di ambil pengajarannya?. Karena jangkauan dan target yang meluas bahkan ke mancanegara, riaubook telah diakses diberbagai tempat dunia. Riaubook memberitakan juga peristiwa nasional dan internasional, sehingga berita apapun terkait kata kunci sesuai daerah, topic, headline, bahasa, tempat akan ditampilkan riaubook jika memang diberitakan. Inilah factor utama mengapa portal atau media online yang baru berumur 2 tahun ini sudah go nasional dan global. Bahkan kalimat “ Dari Riau untuk Dunia ” bukan lagi hanya sekedar slogan.

Dari Riau untuk Dunia

Peristiwa-peristiwa dan apapun berita riau di provinsi Riau memang sudah terjamah dan mudah sekali diendus oleh masyarakat luas, bahkan internasional. Mulai dari berita yang akan selalu menjadi perhatian dunia setiap tahunnya di provinsi melayu, kebakaran hutan, minyak dan kelapa sawit, korupsi. Berlanjut kepada berita terkait budaya, khasanah, bahasa, ,kuliner, bahan sandang dan pangan dan adat istiadat melayu yang juga tidak kalah menyita perhatian dunia. Hingga kepada berita wisata seperti ombak bono yang mampu mendatangkan berbagai pelancong mancanegara karena ketinggian, kecocokan ombak yang memacu adrenalin para peselancar dunia. Ada juga wisata budaya tradisi bakar tongkang yang menarik turis mancanegara, 2 wisata ini popular dikalangan dunia diantara berita wisata lainnya di Riau.

Melihat potensi yang begitu besar pada perkembangan berita dan informasi yang ada di Riau, seharusnya ini menjadi senjata andalan portal atau media online lokal di provinsi Riau yang ingin go internasional. Apalagi didukung dengan kemuktahiran teknologi internet yang semakin mudah dan murah untuk diakses. Dua potensi ini sesungguhnya mampu membawa media online menuju capaiannya. Hanya saja perlu memberitakannya peristiwa dari waktu ke waktu, secara baik dan benar, akurat dan tidak mengada-ada. Seperti riaubook, yang mulai menunjukkan eksistensi di kancah nasional dan internasional meski masih terbilang baru didunia pemberitaan. Ini bukan tanpa upaya, riaubook selalu mengupdate berita secara berkala, menyortir berita yang pantas dan tidak, dan menyajikan berita dengan cinta dan apa adanya.

Impian yang dibuktikan, bukan hanya slogan

Sampai detik ini, riaubook telah membuktikan bahwa slogan “dari Riau untuk dunia” bukan hanya sekedar slogan yang melekat dibadan. Dari Riau untuk dunia sudah dibuktikan dengan beberapa prestasi dan torehan capaian yang begitu membanggakan untuk media online yang masih belia.

Fakta riaubook



Dari infografis diatas jelas bahwa memang benar bahwa riaubook adalah portal atau media online yang masih belia. Namun, adalah benar juga bahwa riaubook telah memperoleh capaian yang luar biasa pada umur ke 2 tahunnya. Semua capaian ini tentu bukan tanpa ada manusia-manusia super dibelakangnya. Meskipun dengan redaksi yang minim, semangat para redaksi riaubook malah lebih bergelora dari slogan “dari Riau untuk dunia”, sehingga dengan semangat dan kesungguhan dalam menyajikan berita membuat pembaca selalu betah dan selalu balik lagi untuk membaca dan bahkan menunggu berita terbaru.

Nah berbicara soal dari Riau untuk dunia miliknya riaubook, akankah portal media online ini dapat memberikan kinerjanya yang lebih baik? atau setidaknya dapat mempertahankan capaian yang telah didapat saat ini. Namun tidak ada salahnya jika kita mebayang-bayangkan bagaimana kabar riaubook beberapa tahun kedepan? Sebagai contoh kita akan memperkirakan capaian riaubook dalam 4 tahun kedepan, tepatnya pada 2020.

Pada tahun 2020, provinsi Riau menargetkan sudah mencapai visi “Riau the homeland of Melayu 2020” atau dalam bahasa Indonesia, provinsi Riau merupakan tanah tumpah darah melayu 2020 untuk kawasan regional atau se-Asia Tenggara. Jika memang jeli, seharusnya momen ini dapat dijadikan sebagai senjata sekaligus boomerang oleh riaubook yang akan memberikan dan membawa kembali kebaikan bagi orang lain dan keberadaannya sebagai media online. Pemerintah provinsi Riau tentu melakukan promosi besar-besaran untuk menyemarakkan dan mencapai tujuan sesungguhnya. Sebagai penyedia media dalam jaringan yang harus tetap bekerja untuk tujuannya, maka riaubook dapat menyajikan berita dan peristiwa terkait Riau the Homeland of Melayu 2020 yang dibutuhkan masyarakat Asia Tenggara. Dengan harapan saat pembaca akan mengakses berita terkait provinsi riau, maka riaubook dapat menampilkannya dengan segera. Tentu hal ini akan membuat pamor dan ketenaran riaubook sebagai media online akan semakin naik dari tahun ketahun, dengan capaian tidak hanya nasional, tapi juga juga regional, bahkan internasional. Hingga kemudian pada tahun 2020 riaubook mungkin sudah menjadi media online dengan posisi pertama di provinsi Riau, atau bahkan di regional. Sisi baiknya lagi media online seperti riaubook bahkan dapat mencapai visinya hanya dengan membantu menyebarluaskan visi provinsi Riau menuju Riau the Homeland of Melayu 2020. Sekali mendayung, dua, tiga pulau terlampaui. Dan ingat, saat itu umur riaubook pun masih sangat muda yakni 5 tahun.

Semua capaian tentunya bukan tanpa adanya usaha, demikian juga dengan Riaubook, mulai dari berdiri hingga melayani semua membutuhkan dedikasi demi tersajinya informasi. Riaubook sukses juga tidak luput dari kesetiaan para pembaca. hingga semangat "Dari Riau untuk Dunia" benar-benar mengalir dalam diri para redaksi. kemudian kekuatan semangat ini selanjutnya membuktikan bahwa Riaubook.com " Dari Riau untuk Dunia" bukan hanya sebuah slogan dan tagline, ini adalah impian yang sekarang mulai dibuktikan. good luck dan tahniah Riaubook.com, selamat hari jadi. semoga samakin jaya dan segera membawa Riau go internasional.

Previous
Next Post »
0 Komentar