TB Terdiagnosa, Siapapun Ayo Bertindak! “TB Bisa Disembuhkan”



Kondisi Tuberkulosis di Indonesia
    Diantara semua masalah kesehatan di Indonesia, Menurut SKRT 2004 Tuberculosis atau yang lebih dikenal dengan TB, masih menduduki posisi teratas untuk penyakit menular beberapa tahun terakhir. Karna setiap tahun ada 460.000 kasus baru dan 67.000 diantaranya meninggal karena penyakit TB setara 186 orang per hari. Indonesia juga merupakan negara nomor 5 dengan kasus TB terbesar di dunia setelah Nigeria, Afrika Selatan, China dan India diposisi pertama.
Posisi TB di Dunia, sumber gambar disini

     Lalu dengan semua fakta dan dokumen kesehatan yang ada apakah kasus TB yang dari tahun ke tahun semakin parah ini dapat diatasi? Siapa saja yang bisa mengidap TB? Apakah penyebab TB?
Siapa yang bisa mengidap TB dan apa penyebab TB?
    Semua orang bisa terserang penyakit yang menyeramkan dan mematikan ini, baik itu pria maupun wanita dari yang kecil sampai yang tua, semuanya masuk tanpa kecuali. Jika orang kecil yang mengidap kemungkinan besar itu ditularkan dari orang dewasa yang ada disekitarnya, tapi jika orang dewasa yang mengidap itu karna kebiasaan hidup yang buruk, perokok baik yang aktif maupun yang pasif. Karna merokok menyebabkan daya tahan tubuh terutama dibagian paru-paru menurun, akibatnya bakteri Mycobacterium Tuberculosis terinfeksi  dan tinggal menyerang paru-paru kita.
Penyebab Tuberkulosis Susah Disembuhkan
Penyebab TB, sumber gambar disini
    Teknisi kesehatan dibeberapa rumah sakit/puskesmas di Indonesia masih belum optimal, sehingga meskipun penderita terdiagnosa penyakit TB  dan pengobatan tidak dilakukan atau ditunda oleh pihak rumah sakit/puskesmas penderita TB tidak akan tertolong. Penduduk Indonesia umumnya masih berpenghasilan rendah, jadi meskipun penyakit sudah terdiagnosa, fasilitas dan teknisi rumah sakit/puskesmas sudah lengkap, namun kondisi ekonomi penderita TB tidak memungkinkan, semua yang ada juga belum dapat membantu penderita TB. Lain dengan hal yang penyebab susah disembuhkannya adalah dari penderita TB itu sendiri. Penderita TB merasa penyakit TB adalah penyakit keturunan, jadi buat apa berobat jika besok keluarganya juga akan mengulangi hal yang sama. Itu adalah sebuah tindakan yang sangat-sangat salah. TB bukanlah penyakit keturunan, dan TB dapat disembuhkan. Jadi meskipun ada anggota keluarga yang lain terdiagnosa penyakit TB, bukan berarti itu keturunan tetapi tertular karna hidup dalam ruang lingkup yang sama, memakai alat rumah tangga yang sama dan lain sebagainya. Tidak minum obat secara teratur, minum sampai habis atau tidak mengerjakan apa yang dianjurkan dokter juga merupakan salah satu factor diantara penyebab susahnya menyembuhkan penyakit TB. Kurangnya wawasan tentang TB juga merupakan factor susahnya TB disembuhkan, penderita tidak tahu langkah apa yang diambil, bagaimana gejalanya, bagaimana pengobatannya. Dan tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa TB adalah sakit yang kiriman atau guna-guna dengan memilih dukun sebagai metode penyembuhannya, akibatnya bukan sembuh yang didapat malah sakit makin parah.
Mengapa Tuberkulosis harus disembuhkan?
TB harus disembuhkan, sumber gambar disini
    Mengapa penderita TB harus disembuhkan? Pertanyaan ini terlahir karna penyakit TB yang diderita penderita bisa atau dapat disembuhkan. Jadi, jangan takuti penderita TB atau jangan merasa takut dan panic yang berlebihan jika terdiagnosa atau mengidap penyakit TB.  Karena penyakit TB dapat disembuhkan jika berobat dengan teratur. Mengingat posisinya yang duduk diperingkat 3 dalam daftar 10 penyakit pembunuh terutama di Indonesia (SKRT 2004).  Ini merupakan angka yang besar, bercermin dari angka kematian di tanah air yang selalu naik dari tahun ke tahun, tentu dengan usaha apapun penderita TB harus disembuhkan.
    Setelah mengetahui apa saja penyebabnya sakit TB susah diobati, mengapa TB harus disembuhkan, bagaimana kondisi rumah sakit/puskesmas, bagaimana kondisi keuangan penderita TB, dan bagaimana mental penderita setelah mengetahui kalau dia terdiagnosa, lalu kemudian siapa yang harus bertindak? Dan jika kita bertindak , apa yang harus dan akan kita lakukan?
TB Bisa Disembuhkan
TB Bisa Disembuhkan, sumber gambar disini
Siapa yang bertindak dan apa yang harus dilakukan?
 
Hubung dokter begitu timbul gejala, sumber gambar disini
    Sebagai seorang dokter, keluarga, sahabat, orang terdekat atau mungkin hanya orang yang peduli terhadap penderita TB, kita harus bertindak membantu mereka melawan penyakitnya. Jika sebagai dokter tidak memiliki teknisi yang memadai, sebagai keluarga tidak memiliki biaya yang cukup, sebagai orang dekat hanya sebatas dekat dan jika menolong akan penuh kebimbangan, dan sebagai orang peduli yang mungkin hanya bersimpati. Maka sebagai manusia biasa kita harus tetap membantu penderita TB, entah itu menghiburnya, memotivasinya, atau mungkin mensupportnya supaya mereka tidak terlalu khawatir dan panik dengan penyakit yang dideritanya. Atau mungkin mereka merasa kalau umurnya pendek lalu putus asa karnanya, atau mungkin merasa merepotkan keluarga. Sangat penting untuk kita menolongnya, menyenangkan hatinya, atau mungkin selalu menyuruhnya minum obat secara rutin. Insyaallah dengan semua usaha yang ada penyakit TB mungkin dapat disembuhkan hingga total.
    Tidak hanya itu, kita juga harus dapat mengenalkan kepada pasien sebagai dokter atau orangtua, dan mengenalinya jika kita sebagai penderita. Apakah kita benar-benar positif TB, atau hanya terinfeksi.
    Infeksi TB berarti bakteri Mycobacterium  Tuberculosis berada dalam tubuh tapi dalam kondisi tidak sedang aktif. Setelah masuk ketubuh manusia system imun tubuh akan mengontrol bakteri tersebut. Namun meski dikontrol oleh system ketahanan tubuh kita, bakteri ini dapat hidup bertahun-tahun dalam kondisi tidak aktif. Sewaktu bakteri TB tidak aktif kerusakan pada organ paru tidak timbul dan tidak ditularkan. Orang-orang yang demikian “terinfeksi” meski belum aktif.
Setelah Sembuh TB
    Setelah menjalani waktu pengobatan yang tidak sebentar hingga kurun waktu 6-9 bulan. Dan kita telah sembuh total dari penyakit TB, apakah mungkin kita lalaikan lagi kesehatan kita? Baik sebagai seorang dokter, sebagai penderita TB, ataupun hanya sebagai orang yang paham TB, ada baiknya kita menjelaskan kepada orang yang telah sembuh dari TBnya untuk menjaga kesehatannya, karna penderita yang telah pernah kena TB akan mudah lagi diserang dan terjangkit lagi penyakit ini.
Sekarang, Ayo Bertindak!
    Dari semua masalah diatas, siapapun yang membaca, siapapun yang paham tentang TB, Siapapun juga sekarang harus bertindak, baik itu mencegah, menyembuhkan, atau mungkin memberikan pendidikan dan wawasan kesehatan tentang TB kepada semua orang. Dengan mengetahui penyebab penyakit, penyebab susahnya diobati, kita dapat mengetahui bahwa meskipun susah disembuhkan, penderita TB tetap bisa disembuhkan, sesuai dengan prosedur dan waktu yang ditetapkan.
    Sakit TB! Orang Paling Takut Berurusan dengan penyakit Ini, Nasib Dibadan, Obat habis Nafaspun terganggu. Emang TB Susah disembuhkan, Inilah Alasan, mengapa kita Sebagai Elemen Masyarakat harus Bersosialisasi Untuk Hidup Kepedulian kepada penderita TB, Ayo Nunjuk diri! Temukan dan Berantas TB.
S    : ikap simpati
E    : mpati
M    : elayani
B    : erdedikasi dan
U    : saha
H    : arus
K    : omplit
A    : gar
N    : egara kita bisa
T    : aklukkan dan
B    : ebas dari TB.
    Sekian postingan saya, semoga bisa bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat. Tulisan ini juga diikutkan dalam Kontes Blog Temukan dan Sembuhkan Pasien TB serial 3 dengan tema #TB Bisa Disembuhkan.
Ide tulisan ini dikutip dari :

Previous
Next Post »

2 komentar

  1. berkunjung disini... salam kenal. Stop TB, Indonesia sehat... Indonesia hebat. #kampanyebanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga gan, ayo kita kampanyekan, sembuhkan TB, indonesia tak hanya hebat tapi juga sehat #sembuhkantb

      Hapus